butuh info lain cari aja disini

17 February, 2009

Belajar HTML : Pendahuluan

Saat ini hampir semua website dibuat dengan menggunakan bahasa HTML. Apa itu HTML? HTML adalah singkatan dari Hypertext Mark-up Language. HTML adalah sebuah bahasa program yang digunakan untuk menulis format dokumen yang bisa digunakan dalam web. Hanya dalam HTML kita akan memoles teks dengan kode tertentu (tag)agar bisa dibaca dan ditampilkan oleh browser anda. Sebenarnya HTML sama saja dengan program teks editor lainnya,oleh karena itu kita bisa menggunakan program teks editor biasa seperti notepad atau MS Words di Windows. Agar lebih cepat belajar HTML sebaiknya dikuti dengan praktek langsung.
Sebenarnya saya juga masih dalam tahap belajar HTML juga, tapi agar cepet mudeng makanya saya tulis aja rangkuman sekalian buat ajang praktek HTML bagi saya. Jika ada kekurangan dalam tulisan ini saya mohon jika ada yang menambahkan silahkan tulis aja komentar agar kita bisa sama sama belajar HTML. Langsung aja deh mari kita belajar HTML bersama.
Pertama buka program teks editor anda, gunakan saja Notepad. Jika belum tahu klik Start>Programs>Accessories>Notepad.
Kemudian tulislah

Ini adalah web pertama saya

Sekarang simpan file ini, sebaiknya anda membuat folder baru yang akan kita gunakan terus sampai nanti, beri nama folder baru anda belajar HTML. Simpan/save file anda tadi ke folder belajar HTML dengan nama "websitepertamaku.html". Ingat!!! anda harus menambahkan ekstensi ".html" dibelakang nama file, karena jika tidak notepad otomatis akan menyimpan file anda dalam format ".txt". OK sekarang buka browser anda, Mozzila Firefox atau IE, klik File>Open File cari file yang telah anda simpan tadi klik Open ....maka anda bisa lihat tulisan yang telah anda buat tadi.
Mudah bukan?? ya sebenarnya membuat website kira kira semudah itu, namun agar file HTML kita sesuai dengan standar sehingga bisa dibaca oleh browser maka kita perlu menambahkan kode kode tertentu. Selanjutnya kita melangkah ke tahap dua dalam Belajar HTML : Tags, Attributes, dan Elements.

MoreNiche


Related Articles by Categories


3 comments:

Post a Comment

Grab this Widget ~ Blogger Accessories