butuh info lain cari aja disini

17 February, 2009

Belajar HTML : Tags, Attributes, dan Elements

Meskipun HTML sendiri sebenarnya terdiri dari dari teks teks sederhana, namun untuk membuat file HTML yang valid kita harus menambahkan kode-kode tertentu. Di bagian kedua dari tahapan belajar HTML ini kita akan mempelajari bagian-bagian dalam sebuah file HTML.

Tags.
Dalam stuktur dasar HTML terdapat sebuah tag. Tag adalah kode yang digunakan untuk memark-up atau memoles teks dalam file HTML. Tag terdiri dari dua bagian, bagian pembuka dan penutup. Kita bisa mengisikan teks diantara tag-tag tersebut.
Sekarang kembali ke file notepad yang telah anda buat tadi lalu tambahkan kode seperti ini di dokumen anda

<html>
<body>
Ini adalah web pertama saya
</body>
</html>


simpan kembali dokumen anda lalu kembali ke browser anda dan refresh lah. Apa yang anda lihat? tidak ada perubahan?, memang tidak ada perubahan, namun kita telah menambahkan elemen dasar dari sebuah dokumen HTML.
<html> dan <body> adalah tag pembuka sedangkan </body> dan </html> adalah tag penutup. Bisa kita lihat perbedaan tag pembuka dan penutup adalah terdapat tanda "/" di tag penutup. Setiap tag harus memiliki penutup.
Dalam sebuah dokumen HTML kita harus mencantumkan tag tag sebagai berikut:

<html>
<body>

</body>
</html>

Isi dari dokumen anda harus diletakkan diantara tag <body> dan </body> sedangkan tag <html> adalah tag pembuka dari dokumen HTML anda dan tag </html> adalah tag penutup dokumen HTML anda.
Penulisan tag bisa dalam huruf besar atau kecil, artinya penulisan <BODY> atau <body> hasilnya akan sama saja, namun perlu diperhatikan penulisan tag yang salah meskipun hanya satu karakter saja akan berpengaruh terhadap dokumen HTML anda, atau bahkan bisa membuat dokumen HTML anda tidak bisa ditampilkan didalam browser.

Attributes
Dalam setiap tag kita bisa menambahkan atrribute. Attribute adalah kode yang kita gunakan untuk mempengaruhi tampilan atau format setiap elemen di dalam tag. Sekarang ubah dokumen HTML anda menjadi:

<html>
<body bgcolor="yellow" text="red">
ini adalah web pertama saya
</body>
</html>

Bisa anda bisa lihat hasilnya, terjadi perubahan di tampilan web anda. Penulisan Attribute diletakkan setelah nama tag. Anda bisa menambahkan bermacam macam attribut pada tag. Nanti akan kita pelajari lebih lanjut.

Element
Element adalah segala sesuatu yang terdapat didalam tag (diantara tag pembuka dan penutup). Atau dengan kata lain apa yang ada diantara tag <body> dan </body> merupakan elemen dari body. Element ini yang menjadi inti dari sebuah web. Apa yang ada didalam tampilan sebuah web berasal dari element element yang terdapat di dokumen HTML.









MoreNiche


Related Articles by Categories


3 comments:

Post a Comment

Grab this Widget ~ Blogger Accessories