butuh info lain cari aja disini

25 February, 2009

Membuat Template Blog : Bagian Pertama

Sebelum mendesain atau membuat template blog yang perlu anda ketahui terlebih dahulu adalah struktur dari template blog itu sendiri. Sebenarnya tidak ada struktur template blog yang baku namun dalam blog template tutorial ini saya akan sedikit menjelaskan struktur dasar template blog yang umum terdapat di blog blog yang beredar sekarang ini. Dengan mengetahui struktur template blog anda akan lebih mudah untuk mendesain template sesuai dengan keinginan anda.

Selain itu tampilan template blog berasal dari kode kode di dalam dokumen HTML sebuah blog. Karena itu selain memahami struktur tampilan template blog, anda juga perlu memahami struktur kode HTML nya.Di dalam kode HTML ada beberapa bagian yang tidak tampak di tampilan blog yang anda lihat namun penting untuk dimasukkan didalam kode HTML untuk mendesain template. JIka anda belum mengetahui dimana letak kode HTML blog anda silahkan masuk ke akun blogger anda lalu klik layout kemudian klik edit HTML.
Untuk tampilannya sendiri, secara umum template blogger mempunyai beberapa bagian. Bagian Header, sidebar, post, dan footer. Kalau digambarkan kira-kira seperti ini:

blogtemplatestructure

  • Bagian berwarna merah adalah area body. Adalah area terluar dari halaman blog anda.
  • Bagian berwarna kuning adalah area outer wrapper. Adalah area yang membungkus seluruh bagian dalam template blog anda.
  • Bagian berwarna hijau adalah area header, adalah area paling atas dari template blog anda. Didalam header anda bisa menempatkan judul dan deskripsi blog.
  • Bagian berwarna ungu adalah area content wrapper, ini adalah area yang membungkus bagian inti template blog, seperti bagian sidebar dan main wrapper.
  • Bagian berwarna hijau tua adalah area sidebar, bagian sidebar berisi widget seperti about me, label, dll.
  • Bagian berwarna biru tua adalah are main wrapper, bagian ini berisi tanggal, judul, comment, dan bagian postingan anda
  • Bagian berwarna hitam adalah area post. Ini adalah bagian yang menampilkan postingan anda.
  • Bagian berwarna biru muda adalah area footer wrapper. Footer wrapper terletak dibagian paling bawah. Biasanya berisi credit, seperti nama pembuat template.

Dengan memahami bagaimana struktur sebuah template akan mempermudah anda dalam mendesain template blog.

MoreNiche


Related Articles by Categories


34 comments:

Post a Comment

Grab this Widget ~ Blogger Accessories