butuh info lain cari aja disini

26 February, 2009

Membuat Template Blog : Bagian Kedua

Pada bagian kedua ini kita akan membahas kode kode HTML dari sebuah template blog. Kode HTML adalah sumber dimana kita bisa merubah/menambah/memodifikasi template blog kita. Untuk mempelajari bagaimana struktur kode HTML sebuah blog saya akan menggunakan template blog bawaan dari blogger, yaitu minima. Template ini merupakan template sederhana namun dengan mempelajari dan memahami strukturnya selanjutnya kita akan mudah jika ingin mendesain template sendiri

Silahkan anda buka akun blogger anda lalu tuju bagian layout dan buka edit html. Jika anda menggunakan template lain silahkan ganti dulu template anda dengan template minima. Jangan lupa backup dulu template anda. Jika sudah, anda akan menemukan deretan kode kode yang tampaknya sangat memusingkan. Santai aja baca terus tulisan ini, saya akan mencoba menjelaskan semudah mungkin. Saya hanya akan menjelaskan bagian-bagian yang penting saja. Untuk mempermudah pemahaman kita saya membagi kode kode HTML tersebut kedalam beberapa bagian, seperti gambar dibawah ini (saya tidak menampilkannya semua)

html code

Penjelasan:
Bagian pertama adalah bagian head dari kode HTML template blog. (bedakan antara head di kode HTML dengan bagian header pada template blog). Bagian ini adalah bagian yang selalu terdapat dalam kode HTML template blog. Biasanya bagian ini berisi tentang informasi mengenai blog anda seperti judul blog. jika anda ingin menambahkan meta tag untuk blog anda pada bagian inilah tempatnya.
Bagian kedua adalah bagian kode CSS. Kode-kode CSS berguna untuk mengatur layout tampilan template blog anda. Bagian ini adalah bagian yang terpenting jika anda ingin merubah tampilan layout anda, misalnya seperti merubah warna header, membuat template tiga kolom, merubah ukuran sidebar atau bagian posting dll.
Bagian ketiga adalah bagian kode HTML. Bagian ini adalah bagian yang menjelaskan isi dari blog anda. Seperti header, sidebar, main, footer. Tetapi bagian ini tidak mengatur tampilan dari template blog anda, hanya mengatur bagian apa saja yang ingin anda masukkan kedalam template anda. Pengaturan tampilan template berada di bagian kode CSS.
Untuk memodifikasi atau membuat template sendiri bagian kedua dan ketiga adalah bagian yang terpenting. Saya akan menjelaskan lebih lanjut pada bagian berikutnya.

MoreNiche


Related Articles by Categories


28 comments:

Post a Comment

Grab this Widget ~ Blogger Accessories