butuh info lain cari aja disini

27 January, 2009

SEO Untuk Pemula

Bagi anda yang malang melintang di dunia maya tentu SEO sudah tak asing lagi, tapi apa sih sebenarnya SEO itu, SEO adalah singkatan dari search engine optimization, terjemahan bebasnya kira kira adalah mengoptimalkan mesin pencari untuk mempromosikan blog kita. Bagi yang baru aja nyemplung ke dunia maya saya akan sedikit menjelaskan apa itu SEO. Penjelasan tentang SEO ini mungkin hanya cocok bagi anda para pemula seperti saya. Tetapi semoga saja penjelasan singkat ini bermanfaat. Hehehehe

Anda tahu apa itu search engine? Bayangkan jika suatu saat anda ingin mencari sebuah informasi dari internet, apa yang pertama kali anda lakukan? Ya anda biasanya akan membuka google.com atau yahoo terlebih dahulu. Nah google dan yahoo ini lah yang dinamakan search engine. Anda tinggal mengetikkan beberapa kata terkait dengan informasi apa yang akan anda cari maka akan ditunjukan daftar website/blog yang terkait dengan kata-kata yang sudah anda masukkan tadi. Setelah anda klik salah satu maka anda langsung dibawa ke halaman blog/web tersebut.
Pemilik web/blog pasti berharap nama blognya ada dideretan teratas dari daftar search engine, karena dengan begitu peluang web/blognya dikunjungi akan semakin besar. Menempatkan nama blog kita dideretan teratas daftar search engine merupakan salah satu cara mempromosikan blog kita dan cara cara agar nama blog kita bisa nangkring di deretan atas (paling tidak di halaman depan) inilah yang dinamakan search engine optimization atau yang lebih dikenal dengan SEO.
Lalu bagaimana mengoptimalkan mesin pencari untuk mempromosikan blog kita? Menurut pembelajaran saya dari para master SEO ada beberapa langkah dasar dalam SEO, yaitu:
Mendaftar ke search engine macam google, yahoo, msn dll
Memasang meta tag pada blog/web kita
Penggunaan kata kunci yang tepat.
Ketiga hal tersebut adalah langkah dasar atau awal dalam melakukan SEO. Untuk lebih jelasnya saya akan mencoba menjelaskan sedikit tentang ketiga hal tersebut secara terpisah di postingan lain.

MoreNiche


Related Articles by Categories


1 comments:

Post a Comment

Grab this Widget ~ Blogger Accessories